Tuesday, January 27, 2015

Tip Merawat Furniture Berbahan Kayu Jati

Kayu Jati hingga saat ini masih menjadi bahan yang bagus untuk dibuat sebagai furniture seperti kursi, meja, lemari dan lain-lain, selain kuat juga memiliki nilai seni dan berkesan antik sehingga untuk sebagian orang dijadikan sebagai koleksi.

Karena furniture berbahan kayu jati bernilai seni dan antik perlu dirawat sedemikian rupa agar tahan lama, bersih dan tetap memancarkan pesona. Berikut beberapa tips untuk merawat furniture jati tersebut antara lain :
  1. Tempatkan furniture jati tersebut di ruangan bersuhu normal dan indarkan kontak langsung dengan sinar matahari agar terlihat tetap bersinar, tidak kusam dan melengkung.
  2. Secara rutin poles furniture jati dengan minyak jati agar warna tidak memudar.
  3. Bersihkan bagian-bagian yang tersembunyi yang tidak tersentuh oleh lap seperti sela-sela atau sudut ukiran dengan menggunakan kuas halus.
  4. Bersihkan furniture jati tersebut dengan Pledge yang banyak tersedia di toko atau super market dengan menggunakan kain ball yang bisa Anda dapatkan di toko material. Semprotkan pledge ke permukaan mebel dan sela-sela furniture kayu. Semprotkan seperlunya.
  5. Dan satu hal lagi, hati-hati apabila Anda akan memindahkan furniture jati agar terhindar dari goresan, noda atau kotoran lainnya.
Dengan perawatan yang tepat dan teratur maka semua furniture yang terbuat dari kayu jati akan awet sehingga selain fungsinya sebagai salah satu perlengkapan rumah juga dapat dijadikan koleksi benda antik yang memiliki nilai ekonomi maupun nilai seni.

No comments:

Post a Comment